Fungsi Perintah Dalam Word

Fungsi Perintah Dalam Word
Fungsi Perintah Dalam Word - Dalam menggunakan suatu aplikasi, kita harus menguasai semua fitur yang ada untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.  Dengan memanfaatkan fitur yang tersedia, kita tidak perlu menambahkan banyak software lagi yang sebenarnya tidak efektif dalam penggunaannya dan pastinya juga tidak memperlambat kecepatan Personal Computer (PC) atau laptop kita.

Microsoft Office Word , kita akan membahas beberapa fiturnya yang akan kita bahas.  Rumus yang tersedia dalam Microsoft Office Word sebenarnya tidak kalah dengan Microsoft Office Excel.  Di Word kita akan menemukan yang lebih dari fitur-fitur yang tersedia dalam Excel.  Namun fitur Fungsi Perintah Dalam Word jelas masih ada sangkut paut dengan apa yang sebenarnya fungsi dari Word sendiri.
Contoh Penggunaan Fungsi Perintah Dalam Word
Contoh Penggunaan Fungsi Perintah Dalam Word
Dalam kesempatan yang tersedia ini, beberapa Fungsi Perintah Dalam Word yang akan di bahas adalah berada dalam menu 'Mailings'.  Dan kita pilih di submenu 'Rules', dalam bahasa Indonesia sendiri 'Rules' berarti peraturan.  Jadi fungsi 'Rules' diberlakukan kepada tulisan dan kode yang telah kita tempatkan harus menaati peraturan yang telah diberlakukan.
Rules Pada Word
Rules Pada Word
Sebagai contoh pembuatan, kita menggunakan gambar 'Contoh Penggunaan Fungsi Perintah Dalam Word' di atas.  Untuk membuat langkah mulai NIS, NAMA, KELAS, MATEMATIKA, BIOLOGI, KIMIA, FISIKA, TI, dan RATA2.  Kita menggunakan langkah mail merge seperti tutorial sebelumnya dalam artikel berikut Membuat Surat Massal di Word.

Dan berlanjut ke topik utama, dalam tulisan 'KETERANGAN    :' yang berada pada screenshot gambar diatas itulah yang kita bahas dalam pembuatan tutorial ini.  Dalam 'KETERANGAN    :' jelas terdapat tulisan 'TIDAK LULUS', tulisan tersebut ada karena 'RATA2' tersebut tidak memenuhi perintah yang telah dibuat. Jika memenuhi perintah, maka tulisan tersebut akan berubah menjadi 'LULUS'.

Nah dalam submenu 'Rules' tadi kita dapat menemukan 'If...Then... Else...' dan perintah tersebutlah yang kita gunakan dalam pembuatan dokumen tadi.
If... Then... Else...
If... Then... Else...
Dalam 'RATA2' kita sudah menentukan nilai yang sudah kita buat sebelumnya, misalkan 'RATA2' yang kita tulis adalah 75 atau diatasnya maka perintah yang dihasilkan adalah tulisan 'LULUS' namun jika 'RATA2' tersebut bernilai dibawah 75 maka tulisan yang dihasilkan adalah 'TIDAK LULUS', karena perintah yang diingkan adalah 'Greater than or equal' jika 'Less then or equal' maka yang dihasilkan adalah kebalikannya.  Saya yakin kalian dapat mengetahui arti bahasa Indonesia nya ^_^
Insert this text adalah tulisan yang akan dihasilkan jika memenuhi perintah 
Otherwise insert this text 
adalah tulisan yang akan dihasilkan jika tidak memenuhi perintah
Hasil Fungsi Perintah Dalam Word
Hasil Fungsi Perintah Dalam Word

Jika ingin melihat kode yang dihasilkan dari perintah-perintah yang sudah dibuat, silahkan cek dengan tekan 'Alt + F9' dan jika ingin melihat hasilnya silahkan klik tombol 'Preview Result' ^_^

Dan, ada beberapa perintah lainnya yang terdapat pada 'Rules' :
  • Merge Record # untuk menampilkan halaman cetakkan yang ke berapa.
  • Skip Record If... untuk melewati halaman jika ada suatu perintah tertentu
  • Dan yang lainnya...
Bagaimama tutorial gokil nya? Lumayan ada ilmu yang disebarkan agar lebih mengetahui pemanfaatan fitur pada Word ! Semoga tutorial gokil Fungsi Perintah Dalam Word bermanfaat bagi semua pembaca, dan selamat mencoba ! ^_^

Rating: 4.5
Description: Bongkar Kebiasaan Lama !
Reviewer: Deo Pradipta
Itemreviewed: Bongkar Kebiasaan Lama !

Posted by: Deo Pradipta ReMatrix , Updated at: 20.12
post edit previous page beranda

Posting Komentar